Senin, 09 April 2012

Cara Memperbaiki Flash Disk 100% Ampuh

Kali ini ane mau bagi sedikit tips untuk memperbaiki flash disk yang rusak, tapi rusaknya disini bukan rusak karena masalah flash disknya dilindes kereta api ato dibakar ama tukang sate (yang jelas bukan rusak secara fisik *bahasa yang kurang baik) tapi yang ane maksud adalah flash disknya rusak dikarenakan ada beberapa componen dari system yang ada pada flash disk tersebut *sebenarnye ane lupa apa namanya*.

ok untuk memperbaiki flash disk kita akan memerlukan sebuah tools/software yang namanya HP Drive Key Boot Utility, software ini sangat ampuh ketika flash ane kagak bisa nyimpen data dalam artian "Write Protect" dan Flash ane Tiba-tiba jadi 0 Byte.

nah maka dari itu ane pengen share dikit gimana cara menggunakan HP Drive Key Boot Utility ini, setelah softwarenya diinstal (cara nginstalnya sama seperti nginstal software pada umumnya),  ok pertama colokin dulu flash Disknya, trus jalankan aplikasinya HP Drive Key Boot Utility





kemudian setelah muncul tampilan seperti dibawah ini jadi tinggal klik Next 




maka akan secara otomari aplikasi ini akan mendeteksi lokasi dari flash disk anda, dan setelah itu klik Next





jika sudah pada tampilan seperti ini, anda diharuskan memilih
  1. membuat atau menimpa konfigurasi yang sudah ada pada (lebih baik pilih yang ini)
  2. menambahkan konfigurasi baru pada componen flash disk anda
  3. mengembalikan atau membackup componen 
(kira-kira begitulah pilihan yang dimaksud pada aplikasi tersebut *maaf klo ada yang salah saya hanya mengartikannya menurut apa yang saya coba :D )
dan setelah anda sudah menentukan pilihan (no. 1) maka klik Next



setelah itu pada tampilan di bawah pilih Hard Drive (kecuali anda masih menggunakan floppy disk maka anda haru memilih floppy disk) dan klik Next



 Lalu klik next (ini untuk membuat sebuah konfigurasi yang baru pada flash disk anda)


dan setelah menunggu beberapa saat maka dalam flash anda akan muncul tampilan seperti ini 



kemudian kembali lagi pada aplikasi tersebut (Filesystem), langsung klik Next untk configurasi lanjutan



 lalu setelah selesai klik FINISH




dan flashdisk anda pun telah diperbaiki :)

untuk mendownload aplikasi HP Drive Key Boot Utility klik disini (4shared) atau disini (mediafire)


jangan lupa komentarnya yah kawan untuk postingan yang lebih baik selanjutnya 

87 komentar:

  1. apa ada efek sampngnya software ini kepada komputer kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah selama saya pake software ini blom ada masalah atau efek samping terhadap komputer saya :)

      Hapus
    2. Bang. Kok Masih I/O Error..

      Hapus
    3. gak work gann...ada jalan lain gakk??

      Hapus
  2. Thanks ya gan, flesdis saya bisa terpakai lagi....

    BalasHapus
  3. gan mau nanya ? knp pada saat menunggu jadi error hasilnya ?
    tolong jawabannya ya gan
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira-kira errornya itu seperti bagaimana???, pa errornya saat proses boot drivenya ato bagaimana??

      Hapus
  4. berhasiiiilll... makasih banayk gan.. tpi... d'dlm FD'y ko banyak file" ga jelas gt.. mohon pencerahanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama :D

      itu hanya file-file bawaan dari aplikasinya.. itu juga kalo mau d hapus juga kagak apa apa :)

      Hapus
  5. kenapa ya pas klik create new file system dan next malah not responding terus beberapa kali

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba restart PC/laptopnya trus di coba lagi, kalau masih sama coba di instal ulang aplikasinya.. kemungkinan ada masalah diaplikasinya

      Hapus
  6. untuk windows 7 support gak?

    BalasHapus
  7. gan... kq yg punya saya stelah create new file system.. gax muncul tuh di plesdinya??
    malah minta di format terus plesdisnya...
    gmna tuh gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba direstart dulu PC/laptopnya mas trus di coba lagi sesuai dengan langkah langkah diatas

      Hapus
  8. gan flashdisk saya pas di klik di eksplore muncul tulisan " THE REQUEST COULD BE PERFORMED BECOUSE OF AN I/O DEVICE ERROR " terus saya coba pake HP Drive Key Boot Utility hasilnya masih sama
    munta pencerahannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kemungkinan ada kesalahan pada PC/laptopnya coba di check disk dulu mas..

      Hapus
  9. Saya pake kok ada tulisan "File System not spesific"? Sy pake Thosiba 8GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di format dulu (pake cara yg biasa digunakan) trus format menggunakan aplikasinya.. jika masih belum berhasil coba pake aplikasi dgn versi yg paling baru..

      Hapus
  10. maaf mas saya mah udah coba beberapa x tp flash disk saya tetep aja 0 komposisi nya,,apa ada yang salah cara saya mainin sofware nya,,,padahal udah ikutin caranya mas loh..mohon bantuanya,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lakukan format seperti biasa dulu mas (tanpa menggunakan aplikasi) trus lakukan chekdisk (CHKDSK) setelah itu coba format kembali menggunakan aplikasi di atas.. insyaallah bisa :)

      Hapus
  11. gan, ko waktu ada bacaan formatting nya lama banget yaa

    BalasHapus
  12. gan ituu bisa menghilangkan data data yg di flashdisknya gak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tuh pilihan backup/restore, tapi blom pernah nyoba sih saya nyobanya langsung format semua :)

      Hapus
  13. bullshit! w7 ga bisa woi!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo untuk w7 coba download versi terbarunya bang.. ato download yg suport dgn w7 -> http://www.fileguru.com/apps/hp_drive_boot_utility

      Hapus
    2. dima download terbarunya ?? tetep g bs mas

      Hapus
    3. bisa di akalin pake run as compatibility kalee .
      run in xp sp2

      Hapus
  14. buat flash dish yg gk detek bisa gk bro ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa yang penting rusaknya bukan rusak fisik (kerusakan flashdisk-nya)

      Hapus
  15. klo ngk support win 7...jlan kan dgn campatibility..klik kanan file ny - properties...compatibilitly - ceklist compatibility mode ...
    ane dah tested..work 10000000000000%

    BalasHapus
    Balasan
    1. pke run as compatibility uda bisa di instal, cara di atas uda di ikuti ampe finish.
      tpi pas sya buka flashdis nya kluar tulisan "you need format the disk in drive F: before you can use it" tetep gak bisa di buka tu Flasdis gan.

      Hapus
    2. coba format biasa dulu gan, trus pake aplikasi/tools diatas nah taunggu sampe slesai dan liat jangan sampe pada saat proses ada yg error..

      Hapus
  16. the system cannot find spec...
    gagal masbro

    BalasHapus
  17. kalo yang ter write protected bisa gak?? FD saya HP v250w *8gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo FD saya yang ter write protected Kingstone bisa gan ?
      saya coba tes gakbisa ni

      Hapus
    2. punya saya juga ke write protect (kingstone) dan alhamdulillah bisa :D.. coba lagi gan..

      Hapus
  18. duhh windows 7 g bs ... klo install slalu gagal .. da jwabnnya g mas ?

    BalasHapus
  19. minta format gan tapi pas gw format kok keluar " the disk is write protected"

    mohon pencerahaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa udah di coba pake aplikasi yg diatas om?

      Hapus
    2. uda di coba tetep gak bisa gan .

      Hapus
  20. Balasan
    1. wah saya belum coba mas :), tapi kayaknya bisa

      Hapus
  21. Kingston Datatraveler 100G2 16 GB, bisa detect tapi tidak bisa di akses.
    Ketika pake tools HL USB DISK STORAGE FORMAT TOOL, yang muncul Error "There is no Media in Specified device".
    Tapi bisa detect pake aplikasi nya mas bro.

    Ada solusi ga mas bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di format seperti biasa.. trus check disk dulu bro setelah itu coba di format pake aplikasin yg diatas tapi pake versi yang paling baru (di google banyak).. mudah mudahan bisa bro

      Hapus
  22. halo,
    mas, pas saya coba dan sudah sampai tahapan "create new filesystem" itu prosesnya lama bgd dan ujung2nya malah "not responding" AKA nge'hang aja. berkali2 saya ulangi prosesnya selalu begitu.

    note: flasdisk saya ter write protect, kadang bisa di format ulang tp ketika diisi dengan file baru malah "read only" lagi, begitu seterusnya berkali2 diformat dan kembali "write protect"

    mohon pencerahannya mas :) thnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di format seperti biasa.. kemudian silahkan coba menggunakan aplikasi diatas..

      (ctt: kerusakan yg dapat di perbaiki oleh aplikasi tersebut hanyalah file sistem yg terdapat pada flashdisk jika kerusakannya langsung ada pada flashdisk (hardware/komponen yg ada pada falash saya rasa tidak mungkin untuk menggunakan aplikasi tersebut)..

      semoga penjelasan saya bisa membantu :)

      Hapus
  23. benar gan ga ada efeknya di fd saya

    BalasHapus
  24. kemungkinana akan ada masalah jika temen temen nyobanya di W7 mengingat aplikasi diatas di peruntukan hanya pada windows xp.. menurut info yg saya dapat saat ini pihak pengembangan aplikasi tersebut akan mengupayakan agar aplikasinya juga support untuk w7 pada versi terbaru.. sebenarnya bisa jika menggunakan trik tertentu agar aplikasi yg tidak compatible/support dengan w7 dapat berjalan.. [bisa di cari di google]..

    semoga penjelasan singkat saya bisa membantu temen temen yg kesulitan dalam menggunakan aplkasi tersebut pada W7.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong di bantu gan tips klo pke W7..
      uda bongkar2 google gak dapat ni. :(

      Hapus
  25. ni kok ad effek samping e. fd 16G malah cuma 4G. yang 12G kemana? apa kepotong karena dianggap bad sector...

    BalasHapus
  26. gan saya baru beli!! fd yg 2gb tapi pas aq putar ke dvd malah ganti2 sendiri dan gak mau mutar,,padahal format lagunya udah mpeg 3 kok ga mau mutar y >>>> tolong tipsnya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba fd nya di pake di laptop ato pc dulu gan.. klo pake di laptop/pc nggak ada masalah berarti dvdnya yg bermasalah :D

      Hapus
  27. gan kalo ngeformat nya lama itu wajar ga ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajar klo prosesnya keliatan.. abis di format biasanya di booting ulang.. paling lama mungkin 10 menit

      Hapus
  28. bisa untuk perbaiki flashdisk write protect ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan. punya ane ke write protect pake itu alhamdullih bisa di pake lagi FDnya :D

      Hapus
  29. setelah crete new filesystem, gak keluar file di folder FD gimana mas

    BalasHapus
  30. kok lama banget gan formatnya ampe tampilan apps.a ngeblank

    BalasHapus
  31. FD saya sandisk 8 gb, tidak bisa di format karena write protected . udah nyobain aplikasi ini tetep nihil . ada solusi lain gan ?

    BalasHapus
  32. flash disc ane 16 GB pas pake aplikasi jd 3.59GB pas coba ane masukin file yng 8GB bisa.cara atur nya gmn tuh .jd bingung ane liat brp sisa free space nya

    BalasHapus
  33. error saya gan, pas cololokin flashdisk saya muncul pesen kya gini "You need to format the disk in drive G: before you can use it."
    itu gimana solusinya gan?

    BalasHapus
  34. Gan Sorry Anekan Masukin Flashdisknya .. Trus Bunyi Tapi Pas Saya Lihat Tidak Ada Disknya / flashdisknya

    BalasHapus
  35. gan tolong banyuan nya punya saya juga error , pas cololokin flashdisk ,muncul tulisan kaya gini "You need to format the disk in drive G: before you can use it."
    itu gimana solusinya gan? terimakasih

    BalasHapus
  36. kalau flash disk nya sama skali ngk kebaca ,gimana cara nya gan?

    BalasHapus
  37. gak mempan mas ada tool yang lain gak

    BalasHapus
  38. jiah! gue dah pakai 21 software termasuk yg ente bilang gak mempan flasdisk masih meminta format terus! gmana?? minta pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama fdku juga , merek kingston, pakai banyak banget software, tetep gagal -_-

      Hapus
  39. kok g bs d instal gan, pa hrus da spekx tersednri

    BalasHapus
  40. emang parah fd KING***N selalu bermasalah !! sekarang sudah di banting truss di injek2 langsung di cor permanen !! lalu mencari kesibukan yg lain ... okay gak tuh .... wwwkwkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  41. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  42. aduh gan flasdisk saya gak ke baca gan tempat lokasinya ...
    gimana tu gan...
    mohon solusinya dong...

    BalasHapus
  43. pakai windows 7 kok ga bisa ya gan

    BalasHapus
  44. pakai windows 7 kok ga bisa ya gan

    BalasHapus

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites